Minggu, 29 Januari 2012

Asyiknya Mengintip Aplikasi Terbaru Facebook

facebook logo

Banyaknya pengguna yang beralih ke jejaring sosial Facebook memungkinkan untuk saling berbagi informasi kegiatan antara teman yang satu dengan yang lainnya. Tingkat interaksi akan semakin mudah. Dengan adanya aplikasi-aplikasi tambahan tersebut diharapkan mampu saling berbagi pengalaman atau kreatifitas ke sesama teman di Facebook.
Aplikasi tersebut dirancang untuk menjadi “frictionless” atau gesekan pengalaman. Beberapa perusahaan jaringan online membangun lebih dari 60 aplikasi baru yang bisa digunakan oleh pengguna Facebook dan di-share ke timeline. Pengguna bisa berbagi berbagai pengalaman atau kegiatan mereka. Baik itu mendengarkan musik maupun sekadar membaca artikel berita. Untuk masalah keamanan dan privasi akan disediakan sehingga pengguna dapat membatasi siapa saja yang bisa melihat dan mengikuti kegiatan mereka.

        “We think that thousands of applications will be built on this platform in the coming weeks and months,” said Carl Sjogreen, Facebook director of platform products, at the launch of the apps in San Francisco.

        “Kami berpikir bahwa ribuan aplikasi akan dibangun pada platform ini pada minggu dan bulan mendatang,” kata Carl Sjogreen, Facebook direktur produk platform, pada peluncuran aplikasi di San Francisco.
Penasaran dengan aplikasinya? Contoh aplikasinya adalah misalnya saja, pengguna Facebook bisa menggunakan aplikasi Foodily untuk memasak resep ayam lemon. Bila seorang teman melihat kegiatan yang di dalam feed/timeline, mereka dapat bergabung dan mencoba memasak resep yang sama. Contoh lainnya seperti yang disebutkan di acara pers Facebook di San Fransisco adalah Spotify merupakan contoh dari aplikasi “frictionless” yang sudah muncul di Facebook. Bila pengguna sedang mendengarkan lagu di Spotify, tindakan yang secara otomatis akan ditayangkan di Facebook dan teman yang lainnya dapat bergabung untuk mendengarkan musik tersebut, dengan asumsi mereka memiliki aplikasi Spotify diaktifkan pada akun mereka.
Hingga kini Tim Facebook masih melakukan peninjauan kepada developer atau pengembang aplikasi Facebook agar memenuhi kriteria dan ketentuan yang telah ditetapkan tim developer Facebook. Adapun beberapa aplikasi yang sudah bisa ditemukan di Facebook, sebagai berikut.
Buku
- Goodreads
- Kobo
Makanan
- Cookpad
- Foodily
- Foodspotting
- Snooth
- Urbanspoon
- Yummly
Fitness
- MapMyRun
- Runkeeper
Penggalangan Dana
- Artez.com
- Causes
- Fundrazr
Permainan
- Ford
- OMGPOP: Draw My Thing
- Wooga: Bubble Island, Diamond Dash
- Zynga: Words with Friends, Castleville
Pekerjaan / Pendidikan
- BranchOut
- Courserank
- Grockit
- Monster
Belanja / Fashion
- eBay
- Fab.com
- Giftrocket
- LivingSocial
- Oodle
- Payvment
- Pinterest
- Polyvore
- Pose
Tiket
- ScoreBig
- StubHub
- Ticketfly
- Ticketmaster
Perjalanan
- Airbnb
- Gogobot
- TripAdvisor
- Where I’ve Been
- Wipolo
Video / Film
- Cinemur
- Dailymotion
- Metacafe
- Rotten Tomatoes
Miscellaneous
- Appsfire
- Artfinder
- Autotrader
- Color
- Foursquare
Mungkin dari beberapa aplikasi tersebut ada yang sudah tidak asing lagi bagi yang sering online dengan Facebook, seperti Foursquare, Castleville, dan Zynga. Masih banyak aplikasi-aplikasi terbaru dari Facebook yang akan bermunculan dan semakin menarik. Sekarang kembali kepada pengguna akan menggunakannya seperti apa.
Demikian ulasan mengenai aplikasi Facebook. Bila ada yang memiliki pendapat atau saran, jangan lupa share di sini. :) Tanpa bermaksud menggurui, semoga bermanfaat.

1 komentar: